Blog

Jasa Towing Kupang

Jasa Towing Kupang

Jasa Towing Kupang – Perusahaan Jasa Kirim Mobil Keseluruh Pulau di Indonesia Melayani dengan Cepat Aman Terpercaya Amanah Murah Nama Kupang sebenarnya berasal dari nama seorang raja, yaitu Nai Kopan atau Lai Kopan, yang memerintah Kota Kupang sebelum bangsa Portugis datang ke Nusa Tenggara Timur. Pada tahun 1436, pulau Timor mempunyai 12 kota bandar namun tidak disebutkan namanya. Dugaan ini berdasarkan bahwa kota bandar tersebut terletak di pesisir pantai, dan salah satunya yang strategis menghadap ke Teluk Kupang. Daerah ini merupakan wilayah kekuasaan Raja Helong dan yang menjadi raja pada saat itu adalah Raja Koen Lai Bissi.

Pada tahun 1613, VOC yang berkedudukan di Batavia (Jakarta), mulai melakukan kegiatan perdagangannya di Nusa Tenggara Timur dengan mengirim 3 kapal yang dipimpin oleh Apolonius Scotte, menuju pulau Timor dan berlabuh di Teluk Kupang. Kedatangan rombongan VOC ini diterima oleh Raja Helong, yang sekaligus menawarkan sebidang tanah untuk keperluan markas VOC. Pada saat itu VOC belum memiliki kekuatan yang tetap di tanah Timor.

Pada tanggal 29 Desember 1645, seorang padri Portugis yang bernama Antonio de Sao Jacinto tiba di Kupang. Dia mendapat tawaran yang sama dengan yang diterima VOC dari Raja Helong. Tawaran tersebut disambut baik oleh Antonio de Sao Jacinto dengan mendirikan sebuah benteng, namun kemudian benteng tersebut ditinggalkan karena terjadi perselisihan di antara mereka. VOC semakin menyadari pentingnya Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu kepentingan perdagangannya, sehingga pada tahun 1625 sampai dengan 1663, VOC melakukan perlawanan ke daerah kedudukan Portugis di pulau Solor dan dengan bantuan orang-orang Islam di Solor, Benteng Fort Henricus berhasil direbut oleh VOC.

Pada tahun 1653, VOC mendarat di Kupang dan berhasil merebut bekas benteng Portugis Fort Concordia, yang terletak di muara sungai Teluk Kupang di bawah pimpinan Kapten Johan Burger. Kedudukan VOC di Kupang langsung dipimpin oleh Openhofd J. van Der Heiden. Selama menguasai Kupang sejak tahun 1653 sampai dengan tahun 1810, VOC telah menempatkan sebanyak 38 Openhofd dan yang terakhir adalah Stoopkert, yang berkuasa sejak tahun 1808 sampai dengan tahun 1810.

Nama Lai Kopan kemudian disebut oleh Belanda sebagai Koepan dan dalam bahasa sehari-hari menjadi Kupang. Untuk pengamanan Kota Kupang, Belanda membentuk daerah penyangga di daerah sekitar Teluk Kupang dengan mendatangkan penduduk dari pulau Rote, Sabu dan Solor. Untuk meningkatkan pengamanan kota, maka pada tahun 23 April 1886, Residen Creeve menetapkan batas-batas kota yang diterbitkan pada Staatblad Nomor 171 tahun 1886. Oleh karena itu, tanggal 23 April 1886[7] ditetapkan sebagai tanggal lahir Kota Kupang.

Jasa Towing Kupang – Setelah Indonesia merdeka, melalui Surat Keputusan Gubernemen tanggal 6 Februari 1946, Kota Kupang diserahkan kepada Swapraja Kupang, yang kemudian dialihkan lagi statusnya pada tanggal 21 Oktober 1946 dengan bentuk Timor Elland Federatie atau Dewan Raja-Raja Timor dengan ketua H. A. A. Koroh, yang juga adalah Raja Amarasi[8].

Berdasarkan Surat Keputusan Swapraja Kupang Nomor 3 tahun 1946 tanggal 31 Mei 1946 dibentuk Raad Sementara Kupang dengan 30 anggota. Selanjutnya pada tahun 1949, Kota Kupang memperoleh status Haminte dengan wali kota pertamanya Th. J. Messakh. Pada tahun 1955 ketika menjelang Pemilu, dengan Surat Keputusan Mendagri Nomor PUD.5/16/46 tertanggal 22 Oktober 1955, Kota Kupang disamakan statusnya dengan wilayah kecamatan.

Pada tahun 1958 dengan Undang-Undang Nomor 64 Tahun 1958, Provinsi Sunda Kecil dihapus dan dibentuk 3 daerah Swantara, yaitu Daerah Swantara Tk I Bali, Daerah Swantara Tk I Nusa Tenggara Barat dan Daerah Swantara Tk I Nusa Tengara Timur. Kemudian Undang-Undang Nomor 69 Tahun 1958 tentang Pembentukan Daerah-Daerah Tingkat II (Kabupaten) yang antara lain Kabupaten Kupang. Dengan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Provinsi Nusa Tenggara Timur Nomor 17 Tahun 1969 tanggal 12 Mei 1969 dibentuk wilayah kecamatan yakni Kecamatan Kota Kupang.

Kecamatan Kota Kupang mengalami perkembangan pesat dari tahu ke tahun. Kemudian pada tahun 1978 Kecamatan Kota Kupang ditingkatkan statusnya menjadi Kota Administratif berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 1978[9], yang peresmiannya dilakukan pada tanggal 18 September 1978. Pada waktu itu Drs. Mesakh Amalo dilantik menjadi Wali Kota Administratif yang pertama dan kemudian diganti oleh Letkol Inf. Semuel Kristian Lerik pada tanggal 26 Mei 1986 sampai dengan perubahan status menjadi Kotamadya Daerah Tingkat II Kupang. Perkembangan Kota Administratif Kupang sangat pesat selama 18 tahun.

Jasa Towing Kupang – Usulan rakyat dan Pemerintah Kota Admnistratif Kupang untuk mengubah status menjadi Kotamadya Daerah Tingkat II Kupang disetujui oleh DPR RI dengan disahkannya Rancangan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1996 tentang Pembentukan Kotamadya Daerah Tingkat II Kupang menjadi Undang-Undang pada tanggal 20 Maret 1996[10] dan ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia dan tertuang pada Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3632 Tahun 1996. Pembentukan Kotamadya Daerah Tingkat II Kupang diresmikan oleh Mendagri Mohammad Yogi S. M. pada tanggal 25 April 1996.

Kemudian dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999, maka Kotamadya Daerah Tingkat II Kupang berubah menjadi Kota Kupang.

Kota Kupang terdiri dari 6 Kecamatan dan 51 Kelurahan. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 438.005 jiwa dengan luas wilayah 26,18 km² dan sebaran penduduk 16.730 jiwa/km².[20][21]

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Kupang, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
KecamatanJumlah
Kelurahan
Daftar
Kelurahan
53.71.01Alak12AlakBatuplatFatufetoMantasiManulai IIManutapenNaioniNamosainNunbaun DelhaNunbaun SabuNunhilaPenkase Oeleta
53.71.03Kelapa Lima5Kelapa LimaLasianaOesapaOesapa BaratOesapa Selatan
53.71.05Kota Raja8AirnonaBakunaseBakunase IIFonteinKuaninoNaikoten INaikoten IINunleu
53.71.06Kota Lama10Air MataBonipoiFatubesiLai-lai Bisi KopanMerdekaNefonaekOebaPasir PanjangSolorTode Kisar
53.71.02Maulafa9BeloFatukoaKolhuaMaulafaNaikolanNaimataOepuraPenfuiSikumana
53.71.04Oebobo7FatululiKayu PutihLilibaOeboboOebufuOeteteTuak Daun Merah

Kami adalah Perusahaan terkemuka di bidang Jasa Towing untuk pengiriman Mobil keseluruh pulau di Indonesia, Sudah hampir 15 Tahun kami berdiri dan melayani customer dengan penuh tanggung jawab. Sebagai perusahaan teratas di dalam Jasa Kirim Mobil, kami terus berlomba menciptakan inovasi inovasi baru agar para customer lebih nyaman dalam menggunakan jasa dari kami

Apa Itu Jasa

Dalam ilmu ekonomi, jasa atau layanan adalah aktivitas ekonomi yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.

Definisi

Banyak ahli yang mendefinisikan “jasa” diantaranya adalah:

  • Phillip Kotler: jasa adalah setiap tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip intangibel dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun. Produksinya bisa terkait dan bisa juga tidak terikat pada suatu produk fisik.
  • Adrian Payne: jasa adalah aktivitas ekonomi yang mempunyai sejumlah elemen (nilai atau manfaat) intangibel yang berkaitan dengannya, yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan. Perubahan daiam kondisi bisa saja muncul dan produksi suatu jasa bisa memiliki atau bisa juga tidak mempunyai kaitan dengan produk fisik.
  • Christian Gronross: jasa adalah proses yang terdiri atas serangkaian aktivitas intangible yang biasanya(namun tidak harus selalu) terjadi pada interaksi antara pelanggan dan karyawan jasa dan atau sumber daya fisik atau barang dan atau sistem penyedia jasa, yang disediakan sebagai solusi atas masalah pelanggan”. Interaksi antara penyedia jasa dan pelanggan kerapkali terjadi dalam jasa, sekalipun pihak-pihak yang terlibat mungkin tidak menyadarinya. Selain itu, dimungkinkan ada situasi di mana pelanggan sebagai individu tidak berinteraksi langsung dengan perusahaan jasa.

Karakteristik jasa

Seringkali dikatakan bahwa jasa memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari barang atau produk-produk manufaktur. Empat karakteristik yang paling sering dijumpai dalam jasa dan pembeda dari barang pada umumnya adalah (Payne, 2001:9):

1.Tidak berwujud
Jasa bersifat abstrak dan tidak berwujud, berarti jasa tidak dapat dilihat, dirasakan, dicicipi atau disentuh seperti yang dapat dirasakan dari suatu barang.

2.Heteregonitas
Jasa merupakan variabel non – standar dan sangat bervariasi. Artinya, karena jasa itu berupa suatu unjuk kerja, maka tidak ada hasil jasa yang sama walaupun dikerjakan oleh satu orang. Hal ini dikarenakan oleh interaksi manusia (karyawan dan konsumen) dengan segala perbedaan harapan dan persepsi yang menyertai interaksi tersebut.

3.Tidak dapat dipisahkan
Jasa umumnya dihasilkan dan dikonsumsi pada saat yang bersamaan, dengan partisipasi konsumen dalam proses tersebut. Berarti, konsumen harus berada di tempat jasa yang dimintanya, sehingga konsumen melihat dan bahkan ikut ambil bagian dalam proses produksi tersebut.

4.Tidak tahan lama
Jasa tidak mungkin disimpan dalam persediaan. Artinya, jasa tidak bisa disimpan, dijual kembali kepada orang lain, atau dikembalikan kepada produsen jasa di mana ia membeli jasa.

Bisnis jasa

Contoh dari bisnis jasa yang perkembangannya cukup pesat adalah:

  • Bisnis jasa: konsultan, keuangan, perbankan
  • Perdagangan jasa: eceran, pemeliharaan dan perbaikan
  • Jasa infrastruktur: komunikasi, transportasi
  • Jasa personal/sosial: restoran, perawatan kesehatan
  • Administrasi umum: pendidikan, pemerintah.

Contoh Jasa

Ada banyak sekali contoh jasa yang sering digunakan oleh masyarakat. Mengacu pada beberapa jenis jasa yang disebutkan di atas, adapun contoh jasa adalah sebagai berikut:

  • Jasa pengiriman barang
  • Jasa transportasi (barang/ penumpang)
  • Jasa pariwisata
  • Jasa fotografi
  • Jasa potong rambut
  • Jasa penerjemah
  • Jasa penulis artikel
  • Jasa pemasaran online
  • Jasa penyewaan mobil
  • Jasa penginapan
  • Jasa desain interior
  • Jasa renovasi rumah
  • Jasa bengkel kendaraan
  • Jasa cuci kendaraan (mobil/ motor)
  • Jasa fotocopy
  • Jasa wedding organizer
  • Jasa perawatan AC
  • Jasa perawatan dan perbaikan komputer
  • Jasa kebersihan (cleaning service)
  • Jasa Kirim Mobil
  • Jasa Derek Mobil
  • Jasa Towing

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian jasa secara umum, karakteristiknya, jenis-jenis jasa, dan beberapa contoh jasa yang sering digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.

Sedangkan Towing Adalah

Jasa Towing Blangpidie -
Jasa Pengiriman Alat Berat

Jasa Towing Blangpidie –Mobil derek atau Mobil Towing adalah kendaraan yang digunakan untuk menderek kendaraan yang mengalami kecelakaan lalu-lintas sehingga tidak mampu untuk berjalan sendiri lagi atau terbalik, menderek kendaraan yang sedang mogok dan mengganggu kelancaran lalu lintas ataupun untuk menderek kendaraan yang melakukan pelanggaran parkir.

Jenis Jenis Mobil Towing

Beberapa jenis mobil derek yang biasa digunakan yaitu:

  • Boom yaitu mobil derek yang menggunakan boom/kran yang biasanya digunakan untuk mengangkat mobil yang terperosok kedalam parit, ataupun untuk membalikkan kendaraan yang terbalik.
  • Kait dan tarik, digunakan untuk menarik kendaraan dengan rantai atau tali yang dikaitkan ke mobil derek, kendaraannya yang ditarik dikemudikan oleh seorang pengemudi.
  • Roda diangkat yaitu penderekan dengan mengangkat roda depan atau belakang kendaraan kemudian ditarik, hal ini biasanya dilakukan pada kendaraan yang salah parkir, dimana kendaraan tersebut rem parkirnya dijalankan sehingga roda yang terkunci diangkat.
  • Derek gendong, dimana kendaraan yang diderek digendong keatas kendaraan truk, biasanya digunakan untuk mengangkut mobil mewah dari show room ke rumah pembeli atau untuk mengangkat mobil mewah yang rusak/mogok ke bengkel.

Saat ini di Jakarta banyak beroperasi derek liar yang melakukan pemerasan terhadap kendaraan yang mogok terutama di Jalan tol ataupun didaerah perkotaan lainnya, walaupun di Jalan Tol disediakan derek gratis yang disediakan oleh pengelola jalan tol, tetap saja ada pribadi-pribadi yang memiliki mobil derek yang beroperasi secara liar yang meresahkan para pemakai jalan yang kendaraannya mogok

Apa sih perbedaan derek tarik dan derek towing ?

Jasa Towing Blangpidie -
Jasa Towing Blangpidie –Mobil Derek

Derek tarik merupakan proses derek yang menggunakan pengait pada suatu bagian
mobil tertentu yang menjadi penghubung untuk melakukan penderekan. Derek tarik biasa digunakan untuk derek mobil manual dan tidak dianjurkan untuk derek mobil matic karena bisa menyebabkan kerusakan pada transmisi mobil.

Sedangkan derek towing dari namanya sendiri derek model ini mengangkut sebuah mobil ke atas mobil derek jadi seperti menggendong mobil dan tentunya mobil akan lebih aman dan terhindar dari kerusakan baru saat proses penderekan.
Derek towing juga dianjurkan untuk derek mobil matic dan manual.

Derek Tarik Dan Derek Gendong Towing Mobil

Jasa Towing Blangpidie -
Jasa Towing Blangpidie –Towing Mobil

Apakah saat ini Anda sedang mempertimbangkan penggunaan layanan derek mobil untuk pengiriman mobil atau moge (motor gede) ke dalam atau luar kota dan provinsi? Mungkin Anda masih bingung untuk menentukan jenis layanan derek apa yang cocok, selain tentunya memikirkan service towing mana yang aman, terpercaya serta mungkin memiliki layanan jasa 24 jam sehingga bisa di hubungi kapan saja Anda membutuhkannya. Karena memang ada berbagai metode penderekan mobil, dua diantaranya yang umumnya kita tahu yaitu derek tarik dan derek gendong atau yang biasa di sebut sebagai towing mobil. Tapi apakah fungsi dan kelebihan masing-masing metode ini? Supaya Anda bisa memiliki gambaran untuk memilih, mari kita bahas.

DEREK TARIK
Derek Tarik merupakan metode penderekan mobil dengan cara di angkat menggunakan pengait yang dikaitkan di bagian tertentu mobil. Biasanya digunakan dalam keadaan darurat seperti mobil mogok,
kecelakaan lalu lintas dimana mobil tidak bisa di jalankan atau penertiban yang di lakukan oleh lembaga penegak hukum seperti dinas perhubungan terhadap mobil yang di parkir secara liar atau penyitaan mobil.

DEREK GENDONG TOWING
Berbeda dengan derek tarik, derek mobil dengan menggunakan metode gendong atau towing mobil adalah metode penderekan dengan mengangkut mobil ke atas mobil derek seperti halnya menggendong. Metode ini selain bisa digunakan dalam keadaan darurat juga bisa digunakan untuk memastikan keamanan mobil yang dipindahkan kesuatu tempat. Saat ini banyak sekali kebutuhan untuk memastikan kendaraan dapat sampai secara utuh di tangan penerima. Misalnya produsen mobil baik di kelas menengah hingga atas seringkali menggunakan layanan derek gendong ini untuk memastikan keamanan dan mencegah jika kendaraan kotor jika di kendarai sendiri. Bahkan pengiriman mobil perorangan dan motor besar (motor gede) pun sudah biasanya menggunakan metode derek gendong ini. Jadi, derek mobil dengan metode derek gendong ini bukan hanya biasa digunakan untuk keadaan darurat tapi juga memastikan keamanan mobil karena di angkut keatas mobil derek (meminimalisir goresan, atau kerusakan yang di akibatkan oleh pengait).

Layanan derek mobil aman dan terpercaya bisa Anda temui di berbagai daerah di Indonesia, Seperti Jasa Towing kami Melayani untuk seluruh Pulau di Indonesia , Silakan hubungi kami jika anda membutuhkan jasa kami.

Kami sebagai perusahaan yang sudah dipercaya oleh ratusan pabrikasi mobil dan showroom mobil hingga kami bisa bekerjasama dalam hal Jasa Ekspedisi Kirim Mobil Ke seluruh Indonesia adalah karna kerja keras kami dalam melayani customer dengan cepat, aman dan terpercaya dari segi harga kirim mobil kami dapat bersaing

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Chat Kami
Ada yang bisa kami bantu, Chat Kami
Terima Kasih,
Telah berkunjung di jasa-towing.com
Ada yang bisa kami bantu, Silakan Chat kami disini ?